Cara Membuat & Mengirim Peta Situs: Panduan Definitif

Cara Membuat & Mengirim Peta Situs: Panduan Definitif – Peta situs XML adalah cara yang bagus untuk memastikan situs Anda dirayapi dan diindeks dengan benar. Pelajari cara mengambil kendali dan membangun milik Anda sendiri!

Cara Membuat & Mengirim Peta Situs: Panduan Definitif

sitemappro – Ketika datang untuk membuat peta situs XML, analogi mobil bekerja paling baik. Tentu, otomatis itu hebat. Ini nyaman dan memberi Anda tangan ekstra untuk memutar lagu Adele yang sangat Anda sukai untuk dinyanyikan. Tetapi setiap penggila berkendara akan memberi tahu Anda bahwa perpindahan manual memberi Anda koneksi yang lebih dekat ke kendaraan dan ke jalan, dan itulah yang kami cari  lebih banyak koneksi . Lebih banyak kontrol .

Baca Juga : 3 Platform Gratis Untuk Mengirimkan Peta Situs Anda 

Saat ini, ada banyak opsi untuk mengotomatiskan pembuatan peta situs XML, baik melalui plugin atau generator peta situs online. Beberapa lebih baik daripada yang lain (plugin Yoast untuk WordPress melakukan pekerjaan yang cukup baik), tetapi mesin belum menggantikan kami dulu.

Otomatisasi masih tidak sesuai dengan peta situs yang dibuat dengan hati-hati dengan tangan. Jadi singsingkan lengan baju Anda dan ikuti langkah-langkah ini untuk membuat dan mengirimkan peta situs XML khusus yang mewakili situs Anda lebih baik daripada plugin atau alat apa pun.

Langkah 1: Ketahui Apa yang Anda Cari

Peta situs XML pada dasarnya hanyalah daftar halaman yang membentuk situs web Anda. Tetapi hal utama yang perlu diingat adalah bahwa kita hanya peduli dengan halaman yang seharusnya ada di indeks Google. Anda tidak ingin menempatkan halaman login atau halaman “terima kasih” pasca-pembelian di peta situs Anda, misalnya.

Langkah 2: Kumpulkan Halaman Anda

Sekarang kita tahu persis apa yang kita cari, mari kita cari! Di bagian pertama langkah ini, kita akan mengumpulkan semua URL situs web. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan perayap seperti Screaming Frog , yang dapat dengan cepat merayapi laman situs Anda dan mengeluarkan daftar URL.

Atau, Anda cukup mengikuti setiap opsi navigasi utama situs hingga ke tingkat terdalamnya (juga dikenal sebagai perayapan manusia). Ini sebenarnya metode yang saya sukai. Jika situsnya tidak terlalu besar, ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari logika navigasi dan kemudahan pengguna situs Anda.

Mari kita gunakan situs Go Fish Digital sebagai contoh. Sebelum saya memasukkannya ke dalam crawler, saya akan menelusurinya secara manual dan mendapatkan beberapa wawasan. Takeaway pertama saya, seperti yang sering terjadi, adalah dari navigasi utama. Di paling kiri, kami memiliki logo dan branding, yang tertaut ke halaman beranda. Anda dapat menebaknya URL halaman beranda masuk ke peta situs.

Segera, saya akan mulai mengelompokkan . Halaman Tentang dan Kontak adalah halaman yang lebih umum, seperti halaman beranda, jadi saya menganggap ketiga URL tersebut sebagai bagian “Umum” situs.

Di bagian terakhir langkah ini, kita akan mengeluarkan halaman yang tidak sesuai dengan pertanyaan yang kita ajukan di Langkah 1. Saya memang menemukan halaman kebijakan privasi di footer, dan saya sudah memutuskan untuk tidak memasukkannya.

Ini bukan halaman yang berfokus pada kata kunci yang akan berkinerja baik dalam pencarian. Jangan pernah lupa bahwa Anda dapat menyertakan atau mengecualikan halaman apa pun yang Anda inginkan saat membuat peta situs!

Langkah 3: Kode URL Anda

Jika Anda telah menerapkan Langkah 2 dengan hati-hati ke laman situs web Anda, Anda sekarang memiliki daftar URL yang perlu diformat dengan tag yang sesuai . XML sangat mirip dengan HTML – pada kenyataannya, “ML” di keduanya adalah singkatan dari “bahasa markup.” Untuk langkah ini, Anda memerlukan editor teks agar dapat membuat file XML. Saya sangat merekomendasikan Sublime Text .

Langkah 4: Validasi Peta Situs Anda

Harap diperhatikan bahwa metode validasi di bawah ini tampaknya tidak lagi berfungsi secara konsisten. Saya melihat peta situs yang benar-benar valid yang divalidasi di Google Search Console gagal dalam tes validasi di bawah ini. Mulai 25 November 2019, metode terbaik untuk memvalidasi peta situs XML Anda adalah dengan mengirimkannya ke dalam akun Google Search Console untuk situs web spesifik Anda.

Sekarang saatnya menjalankan peta situs Anda melalui validator untuk memastikan semua sintaks sudah benar. Silakan dan simpan file Anda dan beri nama sitemap.xml . Kemudian, kunjungi situs validator.w3 dan unggah file XML Anda. Jika ada kesalahan, validator akan mengutip baris yang berisi kesalahan sehingga Anda dapat kembali ke Sublime Text dan menemukannya dengan mudah.

Langkah 5: Tambahkan ke Root

Selanjutnya, Anda ingin menambahkan file peta situs Anda ( sitemap.xml ) ke folder akar situs Anda. Ini dapat dilakukan secara lokal, melalui FTP atau (idealnya) oleh pengembang. Menambahkan file peta situs Anda ke folder akar berarti file tersebut akan berada di situsAnda.com/sitemap.xml . Ini berlaku untuk banyak situs! Mencoba memilih beberapa situs yang biasa Anda kunjungi dan ketik “/ sitemap.xml” setelah TLD (“.com”, “.net”, dll.).

Langkah 6: Tambahkan ke Robot (.txt)

File robots.txt adalah file teks sederhana dengan instruksi untuk crawler yang mengunjungi situs Anda. File ada di folder root, jadi Anda mungkin bisa menebak di mana lokasinya yoursite/robots.txt .

Salah satu baris yang dapat Anda tambahkan ke file robots.txt adalah baris “Peta Situs:”. Ini akan memastikan bahwa perayap pergi dan memeriksa peta situs XML kustom Anda yang perdy. Begini tampilan garisnya, dengan asumsi situs Anda aman (HTTPS):

Langkah 7: Kirim Peta Situs Anda

Kami mengumpulkan, kami mengelompokkan, kami menandai, kami memvalidasi, dan kami menambahkan ke root. Sekarang kita akan membahas cara mengirimkan peta situs Anda ke Google dan Bing. Melakukannya dapat meningkatkan pengindeksan situs Anda! Harap perhatikan bahwa saya berasumsi Anda telah menyiapkan akun Google Search Console dan Bing Webmaster Tools.

Cara mengirimkan peta situs ke Google

  • Masuk ke akun GSC Anda.
  • Klik Perayapan > Peta Situs > Tambah/Uji Peta Situs
  • Masukkan “/sitemap.xml” ke dalam bidang yang tersedia dan kirimkan peta situs Anda!

Cara mengirimkan peta situs ke Bing

  • Masuk ke akun BWT Anda.
  • Klik Konfigurasikan Situs Saya > Peta Situs
  • Masukkan URL lengkap peta situs Anda dan kirimkan peta situs Anda!

Periksa secara berkala (tetapi tidak secara obsesif) untuk memastikan URL peta situs Anda dirayapi. Tidak jarang hanya sebagian peta situs Anda yang dirayapi. Faktanya, kami jarang melihat peta situs dirayapi secara keseluruhan. Itu banyak bertanya dan mesin pencari utama suka bersikap malu-malu.

Pemetaan Situs Tingkat Berikutnya: Membuat Indeks

Inti dari peta situs adalah membuat halaman situs Anda dapat diakses oleh perayap semaksimal mungkin. Untuk melakukan ini, kami menyajikannya dalam daftar yang sederhana dan terorganisir. Jika Anda ingin membawa pesanan ke tingkat berikutnya, Anda harus membuat indeks peta situs.

Indeks peta situs adalah file XML yang merujuk ke sejumlah peta situs XML individu. Untuk situs Go Fish Digital, kami dapat membuat peta situs individual untuk setiap pengelompokan yang kami buat di Langkah 2:

  • general_sitemap.xml
  • services_sitemap.xml
  • blog_sitemap.xml

Kami akan menambahkan masing-masing file ini ke folder root situs dan mengarahkannya ke dalam indeks peta situs, yang menggunakan tag XML-nya sendiri. Kami kemudian akan memberi nama indeks peta situs, memvalidasi, menambahkannya ke folder root, dan mengirimkannya ke dalam konsol mesin pencari untuk Google dan Bing tidak perlu mengirimkan masing-masing peta situs! Indeks akan mengurus semuanya.

Selain itu, Anda dapat menambahkan baris “Peta Situs:” ke file robots.txt Anda yang mengarah ke indeks, daripada menunjuk ke setiap peta situs individual (melihat Anda, Apple). Indeks peta situs dengan peta situs individual mewakili tingkat organisasi tertinggi dan merupakan cara yang bagus untuk menyajikan halaman yang dapat diindeks dari situs Anda ke mesin pencari utama.