Cara Mengirim Peta Situs XML Anda ke Google Search Console

Cara Mengirim Peta Situs XML Anda ke Google Search Console – Setelah semua pekerjaan yang Anda masukkan ke dalam situs web Anda dan kontennya, bayangkan jika Google tidak pernah tahu itu ada? Bagaimana Anda bisa berharap mendapatkan banyak—atau salah satu— pengunjung?

Cara Mengirim Peta Situs XML Anda ke Google Search Console

sitemappro – Memiliki peta situs Anda di akun Google Search Console Anda diperlukan untuk memiliki kinerja terbaik dalam peringkat pencarian. Tanpa itu, Google akan lebih sulit mengetahui seluk beluk website Anda. Atau bahkan menemukannya sama sekali. Untungnya, mudah dan gratis untuk membuat peta situs XML dan mengirimkannya ke Google.
Apa itu Peta Situs?

Baca Juga : Mengirimkan Sitemap dan URL Anda Langsung ke Mesin Pencari

Peta situs adalah file di situs web Anda yang memungkinkan mesin telusur mengetahui halaman mana yang ada di situs web Anda. Ini benar-benar peta struktur situs Anda. Beberapa platform, seperti Squarespace dan Wix , menghasilkan peta situs untuk situs web Anda tanpa Anda harus melakukan apa pun, jadi pastikan untuk memeriksanya sebelum Anda mulai mengirimkan ke Google.

Laporan Peta Situs Google

Jika Anda memilih untuk menggunakan laporan Peta Situs Google , laporan tersebut akan melakukan hal berikut:

  • Memberi tahu Google tentang peta situs baru untuk situs web Anda.
  • Memungkinkan Anda untuk melihat riwayat pengiriman peta situs Anda.
  • Menunjukkan kepada Anda jika Google mengalami kesalahan dengan peta situs Anda dan apa kesalahannya.

Perhatikan bahwa laporan peta situs hanya dapat menampilkan hingga 1.000 peta situs yang dikirimkan, dan peta situs tersebut belum tentu ditampilkan sesuai urutan pengirimannya. Jadi, jika Anda menjalankan situs besar yang memiliki struktur yang sangat, sangat kompleks, waspadai batasan itu.

Cara Mengirim Peta Situs Google Search Console

Meskipun proses ini menggunakan kata “kirim”, Anda sebenarnya tidak mengunggah apa pun ke Google. Sebagai gantinya, Anda memberi tahu Google di mana menemukan peta situs di situs web Anda. Mari kita melaluinya langkah demi langkah.

Persyaratan dan Akses Googlebot

Untuk mengirimkan peta situs ke Google, Anda harus memiliki salah satu dari yang berikut:

  • Izin tingkat pemilik (atau tingkat admin) untuk situs web.
  • Jika Anda bukan pemilik situs web, Anda harus mengarahkan Google ke file robots.txt untuk situs Anda.

Selain itu, Googlebot harus dapat mengakses peta situs, yang berarti tidak dapat dikunci oleh persyaratan login. Untuk memeriksa apakah Googlebot akan memiliki akses ke peta situs, buka URL peta situs saat dalam mode penyamaran. Jika Anda bisa melihatnya, maka Google juga bisa.
Membuat dan Memposting Peta Situs XML

Langkah pertama Anda adalah memposting peta situs ke situs Anda agar Google dapat merayapinya. Itu harus dalam format peta situs yang dapat diterima . Untuk sebagian besar, Anda akan berurusan dengan format XML jika Anda bekerja dengan peta situs.
Alat bawaan WordPress

Ada cara dasar untuk menghasilkan peta situs XML jika Anda menggunakan WordPress. Cukup tambahkan wp-sitemap.xml ke akhir URL situs Anda, dan perangkat lunak akan menghasilkan file yang diperlukan secara otomatis.

Namun, secara umum, kami menyarankan untuk menggunakan plugin sehingga Anda memiliki kontrol lebih dan mendapatkan yang sedikit lebih terstruktur. Yang Anda dapatkan secara default baik -baik saja , tetapi dalam hal menghasilkan lalu lintas pencarian organik, baik -baik saja tidak cukup baik.

Menggunakan Plugin

Jika Anda menggunakan WordPress, kami sarankan Anda menggunakan plugin untuk menghasilkan peta situs Anda. Untungnya, sebagian besar plugin SEO akan memiliki fungsi ini, dan Anda mungkin sudah menginstal salah satunya. Untuk panduan ini, kami akan menggunakan Yoast SEO.

Setelah plugin Yoast diinstal dan diaktifkan, buka tautan SEO di bilah sisi kiri dasbor Anda. Arahkan kursor ke atasnya, lalu klik Umum . Klik tab Fitur , lalu gulir ke bawah ke opsi Peta Situs XML dan alihkan ke Aktif jika belum. Setelah selesai, klik Simpan Perubahan.

Untuk memeriksa ulang apakah ini berhasil, klik ikon Tanda Tanya di sebelah kanan Peta Situs XML , lalu pilih Lihat Peta Situs XML.

Setelah Anda membuka halaman baru, pastikan untuk tetap membukanya. Anda akan membutuhkannya lagi segera.

Menambahkan Situs Web Anda ke Google Search Console

Setelah Anda membuat peta situs XML, Anda dapat membuka laporan Peta Situs Google. Buka Buka halaman dukungan Search Console dan klik Buka Laporan Peta Situs . Anda akan dibawa ke Google Search Console yang tepat, dan jika Anda belum menyiapkan akun, Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukannya sekarang.

Pertama, Anda harus menambahkan situs web Anda. Klik bidang Cari Properti di kiri atas dan klik Tambahkan Properti. Pilih Awalan URL di sebelah kanan.

Masukkan URL domain Anda di dalam kotak, lalu klik Lanjutkan . Selanjutnya, Anda akan melihat kotak Verifikasi Kepemilikan dengan beberapa opsi. Opsi default adalah File HTML , tetapi kami menyarankan untuk beralih ke Tag HTML.

Klik Salin di sebelah kanan kode, lalu buka dasbor WordPress Anda. Karena kami menggunakan Yoast, langkah selanjutnya khusus untuk plugin itu, tetapi plugin SEO Anda kemungkinan akan memiliki langkah serupa untuk diikuti. Klik SEO > Umum di bilah sisi kiri. Pilih tab Alat Webmaster di bagian atas. Tempelkan kode tersebut ke kolom Kode Verifikasi Google. Klik Simpan Perubahan setelah selesai.

Selanjutnya, kembali ke Google Search Console dan klik Verifikasi . Jika Anda melakukan semuanya dengan benar, kotak Kepemilikan Terverifikasi akan muncul.

Mengirimkan URL untuk Peta Situs Google Search Console

Setelah situs web Anda ditambahkan, saatnya menambahkan peta situs XML. Klik lagi bidang Cari Properti dan pilih situs web yang baru saja Anda tambahkan. Klik Peta Situs di sisi kiri halaman.

Buka halaman peta situs yang Anda tetap buka di panel admin WordPress Anda, lalu salin bagian terakhir dari URL. Itu harus seperti sitemap_index.xml . Rekatkan itu ke bagian kotak Tambahkan Peta Situs Baru yang mengatakan Masukkan URL Peta Situs di Google Search Console.

Klik Kirim setelah selesai. Anda sekarang akan melihat kotak yang mengatakan Peta Situs Berhasil Dikirimkan. Itu dia! Beri Google waktu untuk merayapi seluruh situs web Anda. Akhirnya, Anda akan dapat melihat statistik peta situs di Google Search Console.

Mengirim ulang dan Menghapus Peta Situs

Bahkan jika Anda mengubah situs web dan peta situs, Anda tidak perlu mengirimkannya kembali ke Google. Perubahan akan dicatat saat situs Anda dirayapi lagi.

Jika Anda menghapus peta situs, Anda akan menghapusnya dari laporan Peta Situs, tetapi Google tidak akan melupakan situs web, strukturnya, atau URL-nya. Untuk menghapus peta situs, buka domain di Google Search Console dan klik Peta Situs di sebelah kiri dan klik peta situs di bawah Peta Situs yang Dikirim untuk membuka halaman detail.

Klik ikon Tiga Titik Horizontal di kanan atas, lalu pilih Hapus Peta Situs.

Kesimpulan

Memiliki peta situs XML yang diindeks oleh Google berarti konten terbaru Anda akan muncul di hasil pencarian. Anda hanya dapat meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian dan menarik lalu lintas jika situs Anda diindeks, dan ini adalah cara terbaik untuk diindeks oleh Google Dan sebagai bonus, memiliki akun Google Search Console berarti akses ke lebih banyak wawasan ke situs Anda . Lihat panduan utama kami untuk Google Search Console untuk memanfaatkan semua yang ditawarkan platform.

Untuk lebih meningkatkan SEO Anda, lihat artikel kami tentang bagaimana tautan internal membantu SEO . Kami menyentuh pentingnya peta situs dalam artikel itu juga. Dan sementara Google adalah mesin pencari paling populer di luar sana, itu bukan satu-satunya. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda telah mengirimkan peta situs Anda ke tempat lain juga, seperti Yandex dan Bing .