Cara Mengirim Sitemap ke Google

Cara Mengirim Sitemap ke Google – Ada beberapa tugas penting yang harus Anda selesaikan jika Anda ingin Google merayapi dan memberi peringkat pada situs web Anda.

Cara Mengirim Sitemap ke Google

sitemappro – Salah satu tugas tersebut adalah membuat dan mengirimkan Sitemap Anda ke Google. Mengirimkan Sitemap secara langsung membantu bot perayapan Google mengindeks situs Anda, memahami relevansi situs web Anda, dan menentukan peringkat situs Anda.

Baca Juga : Cara Menambahkan Sitemap ke Google Search Console

Dalam panduan ini, kami akan membagikan cara mengirimkan Sitemap Anda ke Google dan beberapa praktik terbaik Sitemap.

Apa itu Sitemap?

Sitemap merinci struktur dan halaman web situs Anda dalam format yang dapat dipahami oleh bot Google. Anda dapat menggunakan Sitemap untuk menunjukkan hub konten dan tautan internal antar halaman.

Sitemap memandu bot perayapan melalui situs Anda, menunjukkan kepada mereka halaman yang paling penting. Ingat, Anda ingin bot Google merayapi situs Anda, sehingga mesin telusur memahami istilah penelusuran mana yang paling relevan untuk situs web Anda.

Jenis Sitemap

Ada 2 format Sitemap yang umum:

  • XML: Hanya bot mesin pencari yang dapat membaca format ini.
  • HTML: Bot dan pengguna dapat menelusuri Sitemap ini.

Sitemap XML menunjukkan halaman paling penting di situs web Anda ke Google dan dapat memberi tahu mesin telusur saat situs web Anda telah diperbarui.

Memperbarui konten situs web Anda secara teratur dengan konten dinamis seperti posting blog atau halaman testimoni pelanggan dapat membantu meningkatkan peringkat Anda. Konten yang diperbarui memberi sinyal kepada Google bahwa situs web Anda mungkin berguna dan relevan.

Gary Illyes, Chief of Sunshine and Happiness di Google, mengkonfirmasi lagi pada tahun 2019 bahwa Sitemap XML adalah sumber URL terpenting kedua untuk bot Google setelah hyperlink yang ditemukan sebelumnya.

Sitemap HTML tersedia di situs web melalui halaman web. Mereka sering muncul sebagai kumpulan tautan ke halaman penting di situs Anda. Mereka akan membantu untuk menghubungkan PageRank ke seluruh situs web Anda, karena mereka menautkan ke halaman dengan tautan internal yang lebih sedikit.

Apa itu Google Search Console?

Google menawarkan Google Search Console untuk membantu Anda melacak status pengindeksan situs web Anda dan meningkatkan visibilitasnya.

Anda akan menggunakannya untuk mengirimkan Sitemap Anda sehingga Google akan tahu untuk merayapi situs web Anda. Google kemungkinan akan merayapi situs Anda pada akhirnya, tetapi mengirimkan Sitemap mempercepat proses perayapan.

Anda juga dapat menggunakan Search Console untuk:

  • Tinjau situs Anda pasca-perayapan untuk menemukan kesalahan apa pun
  • Uji kegunaan seluler situs Anda
  • Optimalkan konten Anda dengan data yang dihasilkan dari Analisis Penelusuran

Cara Mengirim Sitemap ke Google

Untuk memulai, Anda memerlukan akun Google.

  1. Masuk atau Buat Akun Google Search Console:
  2. Pilih situs web Anda:
  3. Pilih “Sitemap:”
  4. Hapus Sitemap yang tidak valid atau usang:
  5. Tambahkan Sitemap baru dan klik Kirim:

Menggunakan Alat Audit Situs untuk Sitemap

Anda dapat menggunakan alat Audit Situs untuk menghasilkan laporan tentang halaman yang Anda jelajahi. Anda akan dapat meninjau halaman di Sitemap Anda dibandingkan dengan jumlah halaman yang dapat dirayapi bot:

Dalam contoh ini dari basis pengetahuan kami , alat tersebut menunjukkan bahwa beberapa halaman di Sitemap belum dirayapi.

Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menemukan dan memperbaiki masalah yang dapat memengaruhi kemampuan perayapan situs Anda. Alat ini mencakup lebih dari 120 pemeriksaan SEO di halaman dan teknis untuk masalah situs umum.

Beberapa masalah yang dapat memengaruhi kemampuan perayapan situs web Anda meliputi:

  • Memblokir dengan tag meta robot: Jika Anda memiliki halaman yang sedang dibuat, musiman, atau mungkin memengaruhi peringkat halaman lain, Anda dapat memblokir bot agar tidak merayapi halaman.
  • Tautan “Nofollow”: Perayap masih akan mengindeks halaman, tetapi tautan apa pun dari halaman ini tidak akan dirayapi.
  • Tautan Rusak Internal: Jika Anda telah memindahkan laman atau tautan ke laman yang sudah tidak ada lagi, bot Google tidak akan dapat merayapi lebih jauh.
  • Kesalahan server: Jika server Anda tidak dapat diakses atau menampilkan kesalahan saat robot mencoba merayapinya, hal itu dapat memengaruhi kemampuan merayapi situs Anda.

Setelah Anda menjalankan audit dengan alat tersebut, Anda akan dapat meninjau daftar kesalahan situs apa pun di bawah tab “Masalah”:

FAQ Sitemap

Apakah Anda perlu mengirimkan Sitemap ke Google Search Console?

Anda harus, tetapi Anda tidak harus mengirimkan Sitemap ke Google. Bot Google akan merayapi situs web Anda pada akhirnya; mengirimkan Sitemap hanya mempercepat proses. Sebelum Anda mengirimkan, pastikan bahwa Sitemap Anda mencerminkan apa yang saat ini ada di situs web Anda.

Anda tidak ingin mengirimkan Sitemap saat Anda memiliki tautan yang rusak, gambar yang hilang, atau halaman yang tidak ada. Menjalankan audit situs membantu Anda menemukan dan memperbaiki kesalahan tersebut, sehingga Anda dapat mengirimkan Sitemap Anda ke Google.

Bagaimana jika Sitemap memiliki kesalahan?

Jika Anda mengirimkan Sitemap dengan kesalahan, Anda harus mengatasinya sesegera mungkin untuk menghindari penurunan peringkat Anda. Gunakan panduan kami di atas untuk mengirim ulang file Sitemap Anda setelah Anda siap.

Apa yang harus saya masukkan ke dalam Sitemap saya?

Anda harus menggunakan Sitemap Anda untuk menunjukkan halaman atau elemen penting situs web Anda ke mesin pencari. Tentukan halaman terpenting di situs web Anda, lalu sertakan di Sitemap Anda.

Praktik terbaik lain yang perlu dipertimbangkan:

  • Prioritaskan halaman web dinamis: Blog dan konten segar lainnya harus disertakan dalam Sitemap Anda. Halaman yang lebih statis — seperti halaman kontak, misalnya — tidak boleh diprioritaskan.
  • Kategorikan Konten Anda: Kelompokkan konten serupa menjadi satu. Jika ada sesuatu yang hanya sekali atau tidak relevan, tinggalkan saja.
  • Jangan sertakan URL “noindex”: Ini adalah halaman yang tidak ingin Anda jelajahi. Menyertakan halaman ini dapat menghabiskan anggaran perayapan Anda dan mencegah Google merayapi situs web Anda sepenuhnya.

Haruskah Anda menggunakan beberapa Sitemap?

Menggunakan beberapa Sitemap dapat membantu jika Anda memiliki situs web besar. File Sitemap tidak boleh lebih besar dari 50.000 URL atau ukuran file 10 MB.

Situs web ritel besar sering kali memiliki banyak halaman produk dan kategori. Tambahkan beberapa posting blog dan banyak tautan internal, dan Anda dapat memahami betapa mudahnya memenuhi batas URL.

Dalam kasus ini, perusahaan besar menggunakan Sitemap untuk halaman produk, halaman kategori, dan situs web utama mereka. Bahkan jika situs Anda di bawah 50.000 URL, beberapa Sitemap dapat memastikan situs web Anda dirayapi dengan cepat dan lengkap.

Anda juga dapat menggunakan Sitemap untuk mengelompokkan konten yang relevan bersama-sama dalam upaya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google. Misalnya, jika Anda memiliki blog dengan banyak penulis, membuat Sitemap untuk setiap penulis dan kontennya dapat membantu Anda memberi peringkat lebih baik untuk kata kunci yang menyertakan nama penulis.

Jika Anda menggunakan beberapa Sitemap, Anda perlu membuat file indeks Sitemap. File indeks mengarahkan perayap Google ke setiap bagian situs web Anda melalui berbagai Sitemap Anda.

Kesimpulan

Sitemap dianggap sebagai aspek penting dari situs web dan strategi SEO Anda, jadi yang terbaik adalah memilikinya. Baik format XML maupun format HTML memiliki kelebihan dan kegunaannya masing-masing, jadi periksalah strategi SEO Anda dan pilih salah satu atau keduanya.

Mengirimkan Sitemap Anda ke Google Search Console, meskipun tidak wajib, dapat mempercepat proses perayapan dan pengindeksan situs web Anda.