Mengenal Aplikasi Signal yang Sedang Viral

Mengenal Aplikasi Signal yang Sedang Viral – Signal adalah layanan pesan terenkripsi terpusat lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Technology Foundation dan Signal Messenger LLC . Ia memanfaatkan Internet untuk mengirim pesan satu-ke-satu dan grup, yang mampu termasuk file , catatan suara, gambar dan video . Ini termasuk mampu digunakan untuk laksanakan panggilan suara dan video satu-ke-satu dan group , dan versi Android secara opsional mampu bermanfaat sebagai aplikasi Chatting

Mengenal Aplikasi Signal yang Sedang Viral

Sumber : inet.detik.com

Baca Juga : 5 Aplikasi Chatting Terbaik 2021

Aplikasi Signal memanfaatkan nomor telepon seluler standar sebagai pengenal dan mengamankan semua komunikasi ke pengguna Signal lain dengan enkripsi ujung-ke-ujung . Aplikasi selanjutnya melampirkan mekanisme di mana pengguna mampu secara berdiri sendiri memverifikasi identitas kontak mereka dan integritas saluran data.

Perangkat lunak Signal gratis dan bersumber terbuka . Its klien yang diterbitkan di bawah GPLv3 lisensi , tetapi Server kode diterbitkan di bawah AGPLv3 lisensi. Aplikasi Android formal umumnya memanfaatkan Layanan Google Play berpemilik (dipasang di sebagian besar perangkat Android) untuk manfaat seperti pemberitahuan push. Signal termasuk punya aplikasi klien formal untuk iOS dan aplikasi desktop untuk Windows , MacOS dan Linux .

The non-profit Signal Yayasan diluncurkan pada Februari 2018 dengan dana awal sebesar $ 50 juta dari Brian Acton . Pada Januari 2021 , Signal punya lebih dari 105 juta unduhan total, dan aplikasi punya kira-kira 40 juta pengguna aktif bulanan. Signal udah dipasang di lebih dari 50 juta perangkat Android.

Sejarah

Sumber :id.berita.yahoo.com

sitemappro – Layanan pesan terenkripsi ujung-ke-ujung Signal diluncurkan pada th. 2014, dan udah digunakan secara lebih luas pada th. 2019 dan 2020. Pertumbuhan Signal sering kali melonjak selama “periode di mana ketetapan dipertanyakan atau dibatalkan — sampai saat-saat pergolakan sosial dan politik” . Namun, akar Signal kembali ke aplikasi suara dan teks terenkripsi pada mulanya pada awal 2010-an.

Signal adalah penerus dari aplikasi panggilan suara terenkripsi RedPhone dan program SMS terenkripsi TextSecure . Versi beta dari RedPhone dan TextSecure pertama kali diluncurkan pada Mei 2010 oleh Whisper Systems , sebuah perusahaan startup yang didirikan dengan oleh peneliti keamanan Moxie Marlinspike dan pakar robotik Stuart Anderson. Sistem Bisikan termasuk membuahkan firewall dan alat untuk mengenkripsi wujud knowledge lain. Semua ini adalah perangkat lunak keamanan seluler perusahaan berpemilik dan hanya tersedia untuk Android.

Pada November 2011, Whisper Systems menginformasikan udah diakuisisi oleh Twitter . Tidak tersedia perusahaan yang mengungkap kriteria keuangan dari kesepakatan tersebut. Akuisisi ini dikerjakan “terutama sehingga Tuan Marlinspike mampu menopang perusahaan rintisan selanjutnya menambah keamanannya”. [48] Tak lama sesudah akuisisi, layanan RedPhone Whisper Systems tidak tersedia. Beberapa mengkritik penghapusan tersebut, dengan alasan bahwa perangkat lunak selanjutnya “secara khusus ditargetkan [untuk membantu] orang-orang di bawah rezim yang represif” dan memicu orang-orang seperti orang Mesir dalam “posisi berbahaya” selama momen revolusi Mesir th. 2011 .

Twitter merilis TextSecure sebagai perangkat lunak gratis dan bersumber terbuka di bawah lisensi GPLv3 pada Desember 2011. RedPhone termasuk dirilis di bawah lisensi yang mirip pada Juli 2012. Marlinspike kemudian meninggalkan Twitter dan mendirikan Open Whisper Systems sebagai proyek Open Source kolaboratif untuk lanjutan pengembangan TextSecure dan RedPhone.

Di Indonesia, banyak orang menggunakan WhatsApp untuk bertukar pesan. Meski begitu, belakangan ini banyak orang yang mencari alternatif. Salah satu opsinya adalah aplikasi sinyal.

Apa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini? Apakah ini lebih baik dibandingkan dengan WhatsApp?

Penjelasan lengkapnya ada di artikel ini. Dengarkan baik-baik ya!

Signal adalah perangkat lunak yang menyediakan layanan pertukaran pesan. Layanan pertukaran pesan ini sering disebut chat.

Aplikasi ini mengklaim aman digunakan. Anda dapat mengirim obrolan, pesan suara untuk melakukan panggilan suara dan video tanpa khawatir diawasi oleh siapa pun.

Keuntungan lainnya adalah biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menggunakan Signal.

Pesan yang dipertukarkan di dalamnya juga menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Jika Anda bingung tentang apa artinya ini, Glints akan menjelaskannya untuk Anda.

Obrolan yang Anda kirim akan menjadi kode. Kemudian kirim kodenya ke Signal.

Setelah itu, Signal akan mengirimkannya ke orang yang Anda ajak bertukar pesan.

Kunci untuk kode ini hanya dimiliki oleh aplikasi Signal orang tersebut. Artinya hanya Anda dan penerima yang dapat membacanya. Sinyalnya tidak tahu apa-apa.

Memang sudah banyak aplikasi chatting lain dengan teknologi serupa. Namun, Signal memiliki keunggulan.

Mulai Wired dan aplikasi ini akan membuka kode tersebut untuk umum.

Ini memungkinkan kriptografer untuk melihat dan mengevaluasinya. Jika ada beberapa kerusakan, Anda hanya perlu menginformasikan aplikasi Signal untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Sayangnya belum banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan aplikasi ini. Ini adalah kerugian yang harus Anda pertimbangkan.

Selain itu, Signal juga memiliki aplikasi desktop. Platform desktop rentan terhadap pencurian data dan ancaman lainnya.

Baca Juga : 4 Aplikasi Penyadap Whatsapp Terbaik 2021

Fitur Menarik Aplikasi Chatting Signal

Sumber : voi.id

Bicara soal aplikasi chatting atau aplikasi pesan, selagi ini memang tidak banyak yang sanggup dibahas. Walau begitu tersedia satu aplikasi yang tidak kalah menarik. Aplikasi ini bernama Signal.

Ya, saat memiliki tempat ngobrol bersama teman, nama aplikasi yang dapat muncul cuma sedikit saja. WhatsApp muncul sebagai nama pertama. Kemudian Telegram, LINE, BBM, dan Messenger mengekor di belakangnya. Bagaimana pun aplikasi chatting cuma berfaedah saat banyak yang memakainya.

Benar saja, saat aku menempatkan aplikasi Signal, memang tidak tersedia rekan satu pun yang menggunakannya. Tapi aku pikir tidak tersedia salahnya menyadari aplikasi ini sedikit lebih lanjut. Paling tidak, kita sanggup menyadari apakah aplikasi ini layak jadi alternatif atau tidak.

1. Mendukung Percakapan Personal dan Grup

Tentu saja, ini adalah kegunaan aplikasi chatting modern. Sayangnya Signal tidak mengatakan secara tentu batasan kuantitas anggota pembicaraan grup.

2. End to end encryption

Signal merupakan product berasal dari Open Whisper Systems. Protokol yang tersedia di Signal kemudian termasuk dipakai di WhatsApp, Messenger, Skype, dan Google Allo. Metode enkripsi ini sudah lewat proses audit (sering diperdebatkan bersama MTproto yang dipakai Telegram yang sering disebut belum teruji).

3. Disappearing Message

Signal memiliki fitur yang membawa dampak pesan secara otomatis terhapus. Pilihan durasi merasa berasal dari 5 detik hingga 1 minggu. Kalau anda menentukan mengirim pesan layaknya ini, dapat muncul ikon jam pasir di tiap pesan.

4. Mengunci Aplikasi

Kamu sanggup mengunci aplikasi Signal. Sehingga pesan tidak sanggup dicermati oleh mereka yang iseng terhubung aplikasi ini di handphone-mu. Kamu sanggup membukanya layaknya screen lock

Android (misalnya bersama sidik jari).

5. Mendukung Voice dan Video Call

Bisa laksanakan panggilan suara dan video termasuk sudah jadi standar komunikasi. Signal sanggup laksanakan kedua hal ini. Bahkan anda sanggup melakukannya lewat proses enkripsi.

6. Mendukung Berbagai File

Sama layaknya aplikasi chatting lain, anda sanggup mengirim berkas gambar/foto, video, audio, atau dokumen. Kamu termasuk sanggup menentukan koneksi untuk mengunduh berkas itu (Wi-Fi vs knowledge seluler).

7. Mendukung Emoji dan GIF

Emoji dan GIF sudah jadi salah satu langkah ekspresi dalam percakapan. Signal termasuk sudah mendukungnya. Tapi memang belum tersedia stiker di sini. Ada, tapi stiker yang ditambahkan ke foto, bukan tipe layaknya stiker WhatsApp, stiker Telegram, atau LINE.

8. Mendukung Berbagai Platform

Sama layaknya aplikasi chatting lain, anda termasuk sanggup pakai Signal di Android, iOS, atau di komputer lewat browser (aplikasi web). Ada ekstensi Signal di browser Google Chrome untuk mempermudah akses di komputer.

9. Bisa jadi aplikasi SMS/MMS

Di Android, anda termasuk sanggup Mengenakan aplikasi Signal sebagai aplikasi Pesan utama untuk SMS dan MMS. SMS dan MMS tidak lewat proses enkripsi.

10. Mendukung Tema Aplikasi

Di aplikasi Signal, anda sanggup menentukan tema terang dan gelap. Kalau terang, aplikasi dapat bernuansa biru dan putih, selagi kecuali gelap dapat berwarna hitam.