Mengirimkan Sitemap dan URL Anda Langsung ke Mesin Pencari

Mengirimkan Sitemap dan URL Anda Langsung ke Mesin Pencari – Peta situs adalah file XML yang berisi daftar URL halaman di situs Anda. Ini juga berisi informasi yang berguna seperti hubungan antar halaman dan kapan setiap halaman terakhir diperbarui. Setiap situs Wix memiliki peta situs yang diperbarui secara otomatis dengan informasi terbaru situs Anda.

Mengirimkan Sitemap dan URL Anda Langsung ke Mesin Pencari

sitemappro – Mesin pencari seperti Google menggunakan peta situs untuk membantu mereka merayapi dan mengindeks situs web. Wix secara otomatis memperbarui peta situs Anda ketika Anda membuat perubahan pada situs Anda.

Baca Juga : Cara Mengirim Sitemap ke Google

Peta situs Anda dan Wix SEO Wiz

Saat Anda menghubungkan situs Anda ke Google Search Console menggunakan Wix SEO Wiz , Wix secara otomatis mengirimkan peta situs Anda ke Google. Saat Anda membuat perubahan pada situs Anda, peta situs Anda akan diperbarui secara otomatis dengan perubahan tersebut. Tidak perlu mengirimkan peta situs Anda ke Google lagi.

Mengirimkan peta situs Anda ke mesin telusur secara manual

Setiap mesin pencari memiliki alat webmaster mereka sendiri dan metode mereka sendiri untuk mengirimkan peta situs. Periksa langkah-langkah di bawah ini untuk mesin pencari yang ingin Anda kirimkan peta situs Anda.

Mengirimkan URL individual ke mesin telusur

Anda juga dapat mengirimkan URL halaman individual langsung ke mesin pencari. Misalnya, jika Anda membuat perubahan pada salah satu posting blog Anda, Anda hanya boleh mengirimkan ulang peta situs blog Anda karena akan lebih akurat.

Setiap mesin pencari memiliki alat webmaster mereka sendiri dan metode mereka sendiri untuk mengirimkan URL. Periksa langkah-langkah di bawah ini untuk mesin pencari yang ingin Anda kirimkan peta situs Anda.

Memverifikasi Situs Anda dengan Alat Verifikasi Situs Wix

  • Memverifikasi situs Anda di mesin telusur mengonfirmasi kepemilikan Anda, dan membantu keberadaan situs Anda di hasil penelusuran mesin telusur.
  • Dengan Alat Verifikasi Situs Wix, Anda dapat dengan cepat menambahkan tag meta verifikasi untuk Google Search Console, Pinterest, Bing Webmaster Center, Yandex Webmaster, dan Naver Webmaster Tools. Setelah Anda memverifikasi kepemilikan Anda dengan mesin telusur, Anda dapat menggunakan alat webmaster mereka untuk membantu mengelola keberadaan situs Anda di hasil mesin telusur tersebut.
  • Misalnya, Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk melihat kinerja situs Anda di hasil penelusuran Google. Anda juga dapat meminta perayapan situs Anda setelah memperbarui situs sehingga versi terbaru laman Anda muncul di hasil penelusuran.

Cara kerja alat verifikasi situs

  • Alat verifikasi situs menggunakan tag meta khusus yang Anda dapatkan dari alat webmaster mesin pencari. Tag ini adalah potongan kode HTML yang berisi nama mesin pencari dan string unik dari huruf dan angka.
  • Setelah Anda menambahkan tag meta ke alat verifikasi situs dan menyimpannya, alat tersebut menambahkan tag ini ke kode tajuk beranda Anda.

Anda kemudian dapat kembali ke alat webmaster mesin telusur dan memintanya untuk memverifikasi kepemilikan Anda dengan memindai tag meta pada header beranda Anda. Jika menemukan tag, itu mengonfirmasi Anda sebagai pemiliknya. Bergantung pada mesin telusur, Anda juga akan memiliki akses ke berbagai alat dan data tentang kinerja situs Anda di hasil penelusuran.

Mendapatkan tag meta verifikasi dari mesin pencari

Setiap mesin pencari memiliki metodenya sendiri untuk mendapatkan tag meta yang Anda perlukan untuk memverifikasi situs Anda. Misalnya, Google mengharuskan Anda menambahkan properti di Google Search Console untuk mendapatkan tag meta verifikasi.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mendapatkan tag meta verifikasi untuk setiap mesin pencari di artikel di bawah ini:

  • Google
  • Pinterest
  • Bing
  • Yandex
  • Naver

Menambahkan tag meta verifikasi ke situs Anda

  • Anda dapat menambahkan tag meta verifikasi ke situs Anda di bagian Verifikasi Situs Alat SEO di dasbor situs Anda.
  • Untuk menambahkan tag meta verifikasi:
    • Buka Alat SEO di dasbor situs Anda.
    • Klik Verifikasi Situs .
    • Klik mesin telusur untuk memperluas.
    • Masukkan tag meta yang relevan dengan mesin pencari itu.
    • Klik Simpan.

Memperbarui tag meta verifikasi
Anda dapat memperbarui tag meta verifikasi ke situs Anda di bagian Verifikasi Situs Alat SEO di dasbor situs Anda.

Untuk memperbarui tag meta verifikasi:

  • Buka Alat SEO di dasbor situs Anda.
  • Klik Verifikasi Situs .
  • Klik mesin telusur untuk memperluas.
  • Ganti tag meta yang ada dengan tag meta baru Anda.
  • Klik Simpan.

Menghapus tag meta verifikasi
Anda dapat menghapus tag meta verifikasi ke situs Anda di bagian Verifikasi Situs Alat SEO di dasbor situs Anda.
Untuk menghapus tag meta verifikasi:

Buka Alat SEO di dasbor situs Wix Anda.
Klik Verifikasi Situs .
Klik pada mesin pencari untuk memperluas.
Hapus teks di bidang Tag verifikasi situs.
Klik Simpan.

Memahami File Peta Situs Situs Anda

Peta situs adalah file XML yang berisi daftar URL laman situs Anda, seperti peta, dan beberapa info lain untuk mesin telusur. Peta Situs dapat membantu mesin telusur memprioritaskan laman situs besar, menemukan laman yang belum ditautkan, dan mengindeks situs secara lebih rinci.

Tanpa peta situs, mesin telusur membutuhkan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan untuk merayapi web dan menemukan laman situs Anda dari kode sumber. Peta situs memberikan informasi ini langsung ke mesin pencari untuk meningkatkan waktu dan akurasi pengindeksan.

Struktur Peta Situs Situs Wix Anda
Setiap situs Wix dilengkapi dengan Indeks Peta Situs, yang merupakan daftar semua peta situs individual situs Anda. Peta situs individu terdiri dari item yang berisi info tentang sekelompok halaman di situs Anda. Item berisi info seperti URL halaman.

Misalnya, Indeks Peta Situs Anda mencantumkan peta situs blog Anda, dan peta situs blog Anda berisi daftar halaman blog Anda. Mari kita lihat lebih dalam:

Indeks Peta Situs
Indeks Peta Situs adalah daftar semua peta situs individual Anda. Mengirimkan file ini ke Google memudahkan bot mereka untuk mendeteksi dan merayapi setiap peta situs individu.

Peta Situs Individu
Tergantung pada fitur apa yang Anda miliki di situs Anda (misalnya, Blog, Toko), indeks Anda mungkin berisi beberapa peta situs individual. (Lihat jenis peta situs yang didukung di bawah.)

Setiap peta situs individu berisi URL halaman dan beberapa info mesin pencari (item peta situs).

Jenis Peta Situs yang Didukung Wix
Setiap peta situs mewakili satu jenis halaman di situs Anda, seperti halaman toko atau blog Anda.

Item Peta Situs
Item peta situs berisi URL halaman dan info relevan lainnya seperti kapan halaman terakhir diperbarui. Misalnya, memeriksa peta situs menunjukkan <lastmod>.

Ini adalah metadata terpenting untuk mesin telusur karena <lastmod> membantu mereka memahami jika halaman tertentu telah berubah sejak terakhir mereka merayapinya.

Wix terus memperbarui tanggal <lastmod> Anda secara otomatis sehingga mesin pencari selalu bisa mendapatkan info terbaru tentang situs Anda. Menjaga nilai <lastmod> yang diperbarui di peta situs Anda memastikan bahwa mesin telusur dapat mengoptimalkan perayapan mereka dan mempersingkat waktu yang diperlukan bagi mereka untuk menemukan dan mengindeks konten situs baru.

Melihat Peta Situs Anda
Lihat kolom “Jalur URL” di bagian jenis peta situs di atas untuk melihat semua peta situs yang tersedia. Untuk melihat peta situs apa pun, cukup tambahkan jalur URL peta situs ke bagian akhir URL di bilah alamat.

Mengirimkan Peta Situs Anda Langsung ke Google

Menyelesaikan Wix SEO Wiz mengirimkan peta situs Anda untuk pertama kalinya. Jika Anda kemudian membuat perubahan apa pun pada peta situs Anda, kirim ulang peta situs Anda secara manual .

Saat Anda mengirimkan kembali Indeks Peta Situs, Google juga akan melihat dan mengindeks perubahan di masing-masing peta situs.

Jika Anda memperbarui satu halaman dan ingin mengirim ulang peta situs, Anda dapat mengirim ulang peta situs yang mencantumkan URL untuk halaman itu, daripada mengirim ulang seluruh Indeks Peta Situs Anda. Misalnya, jika Anda membuat perubahan pada posting blog Anda, Anda hanya perlu mengirimkan kembali peta situs blog Anda karena akan lebih akurat.